Langsung ke konten utama

Sedikit tentang Desa Cilaja, Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan

Desa Cilaja berada di dalam wilayah administrasi Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.



Desa Cilaja di Google Map Satelite






Desa Cilaja di Google Street View





Kabupaten Kuningan mencakup 32 Kecamatan. Salah satunya Kecamatam Kramatmulya yang terdiri dari 14 Desa. Desa Cilaja termasuk di dalamnya.

Luas Wilayah Desa Cilaja 

Saat ini, Desa Cilaja memiliki luas wilayah 147.802 m2. Desa Cilaja berada di posisi ke- 3 Desa terluas di Kec. Kramatmulya setelah Ragawacana (176.589), dan Cikaso (170.666).

Bayangkan jika Desa Bojong ( 95.667) dan Desa Gereba (82.660) masih bersatu, luas wilayah Desa Cilaja masa lampau ternyata sekitar 326.129 ! Wilayah Terbesar di kec. Kramatmulya ! Betapa hebatnya pendahulu-pendahulu kita yang berhasil memiliki wilayah sebesar itu. Seperti yang kita ketahui, pada masa lalu, untuk mendapatkan wilayah tertentu, dibutuhkan kekuatan, kedigjayaan, kekuasaan, dan sejenisnya. dan Pendahulu Desa kita ini ternyata membuktikan hal tersebut.

Desa Cilaja


Jumlah Penduduk Desa Cilaja

Saat ini Desa Cilaja memiliki jumlah penduduk Laki-laki sebanyak 1763 orang, dan perempuan sebanyak 1557 orang. Total 3320.

Angka tersebut membuat kita berada di posisi ke-6 terbanyak penduduknya setelah kramatmulya (5136), kalapagunung (4397), gandasoli (4155), cikaso (4148), karangmangu ( 3910)

Laki-laki terbanyak ke 5 setelah cikaso (2493), kalapagunung (2296), gandasoli ( 2080), karangmangu (2004)

perempuan terbanyak ke 7 setelah kramatmlya


Ekonomi Industri Desa Cilaja

Berdasarkan data di kuningankab.go.id, Desa Cilaja tercatat memiliki potensi ekonomi industri goreng bawang.

Kesenian Tradisional Desa Cilaja

Wikipedia bahasa Indonesia mencatat Desa Cilaja memiliki kesenian tradisional Gembyung Terbangan.

Perbatasan Desa Cilaja

Di sebelah barat, Desa Cilaja berbatasan dengan Desa Bojong, Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan.

perbatasan desa cilaja bojong

Utara berbatasan dengan desa Bojong dan Karangmangu,



Timur - Batas Desa Cilaja - Desa Cikubangsari



Selatan - Batas Desa Cilaja - Desa Gereba




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Sejarah Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan

Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan merupakan desa yang terletak paling barat di Kecamatan Kramatmulya. Desa ini paling dekat letaknya dengan gunung Ciremai. Bahkan sebagian wilayahnya saat ini, yaitu tempat wisata Curug Cilengkrang termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Letak Geografis Desa Pajambon Mengacu buku profil desa, letak geografis desa Pajambon berada pada ketinggian 600 mdl. Banyaknya curah hujan 2000 mm/tahun. Topografinya berupa dataran tinggi, dan suhu udara rata-rata 20-25 derajat celcius. Desa Pajambon orbitrasi dengan pusat pemerintahan kecamatan 4 Km, sementara dengan pusat kabupaten 12 Km, dan pusat pemerintahan provinsi 165 Km. Luas desa Pajambon adalah 83,4 Ha, sedangkan luas ladangnya 43 Ha. Sebagian tanah, milik desa seluas 7,6 Ha yang menjadi pendapatan asli desa dan dialokasikan untuk gaji perangkat desa. Adapun batas wilayah desa Pajambon adalah sebagai berikut. a. Sebelah utara

Silsilah dan Asal Usul Desa Cilaja

Silsilah dan Asal Usul Desa Cilaja  ini tentunya masih memiliki banyak kekurangan. Hal tersebut salah satunya dikarenakan minimnya sumber literasi tertulis dan juga sudah banyak tercampurnya fakta dengan mitos ataupun legenda yang beredar di kalangan masyarakat. Tulisan ini hanya berdasar pada selembar catatan yang di dapatkan dari pihak pemerintah desa dan melalui wawancara dengan tokoh yang dituakan. Berikut ini merupakan dokumen Silsilah dan Asal Usul Desa Cilaja yang didapatkan dari Pemerintah Desa Cilaja.  Berikut ini Text Silsilah dan Asal Usul Desa Cilaja tersebut Pada Jaman dahulu kala konon menurut cerita nenek moyang kita ada beberapa inohong yang bernama:  Syech Majuja, Syech Mataram  yang dibantu oleh para pengikutnya yaitu: 1. Eyang Kartadiningrat 2. Nyai Mas Endang Raja 3. Nyai Mas Endang Sari 4. Eyang Lebe Damar 5. Buyut Jakatua 6. Buyut Jagat Nata 7. Buyut Gugur Mereka-merekalah yang mula-mula bermusyawarah untuk mendirikan/membentuk sebuah Desa yai

Kumpulan Cerita Sejarah 14 Desa di Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan

"Cerita sejarah" barangkali istilah tersebut tidak terlalu "berdosa" untuk menamai "cerita" mengenai latar belakang berdirinya sebuah desa. Kenapa disini disebut "sejarah"? Karena sebagian besar orang menyebutnya demikian, walaupun seperti yang pernah saya singgung dalam postingan " Silsilah dan Asal-Usul Desa Cilaja "bahwa masih terlalu dangkal untuk disebut sejarah. Jadi sebut saja "cerita sejarah" Kumpulan cerita sejarah ini dibuat untuk kepentingan penambahan wawasan warga Desa Cilaja khususnya dan pengujung blog desacilaja.blogspot.com pada umumnya. Dengan dikumpulkannya cerita sejarah 14 desa di kecamatan kramatmulya ini, diharapkan bisa ditemukan benang merah antar desa di masa lalu. Lebih jauh lagi, diharapkan bisa menjadi salah satu kontribusi untuk penelitian lanjutan dikemudian hari oleh para ahli yang lebih kompeten. Saat ditulisnya postingan ini, berdasarkan data di situs kuningankab.go.id , Kecamatan Kramat